Kewarganegaraan

UJIAN TENGAH SEMESTER ( UTS )
TINGKAT 1 SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2009 / 2010
AKPER BUNTET PESANTREN CIREBON

LEMBAR SOAL

Mata Ajar : Kewarganegaraan
Waktu : 10.00 – 11.20 WIB
Hari,Tanggal : Senin, 16 November 2009
Dosen : Drs. Sri Widodo, M.Pd.

Petunjuk :
1. Tulis nama dan nomor sesuai dengan kartu ujian pada lembar jawaban saudara
2. Tulis mata ajaran/ kode mata ajaran pada lembar jawaban saudara
3. Tidak diperbolehkan mengotori, melipat dan menyimpan lembar soal/ lembar jawaban
4. Berdo’a sebelum dan sesudah mengerjakan soal
5. Pilihlah jawaban yang paling tepat
6. Jika terdapat option 1, 2, 3 dan 4, maka jawablah
A. Bila 1, 2, dan 3 benar
B. Bila 1 dan 3 benar
C. Bila 2 dan 4 benar
D. Bila 4 saja yang benar
E. Bila semua jawaban benar

1. Secara etimologis istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu Philein dan Shopia, yang artinya….
a. Cinta akan kebijaksanaan
b. Cinta akan kedamaian
c. Cinta akan kemerdekaan berfikir
d. Berfikir berdasarkan keilmuan
e. Berfikir rasional dan empirik

2. Yang termasuk nilai kerohanian menurut Notonegoro adalah nilai …
a. kebenaran, estetika, moral, material
b. vital, kebenaran, estetika, kebaikan
c. kebenaran, estetika, moral, religius
d. estetika, kebaikan, religius, kenikmatan
e. kebaikan, religius, vital, estetika

3. Nilai-nilai Pancasila yang bersifat abstrak dan normative yaitu …
a. nilai dasar
b. nilai instrumental
c. nilai praksis
d. nilai dasar dan nilai instrumental
e. nilai instrumental dan nilai praksis

4. Bahwa nilai-nilai Pancasila menjadi cita-cita normative penyelenggaraan Negara, di mana visi atau arah penyelenggaraan berbangsa dan bernegara diarahkan pada terwujudnya nilai-nilai Pancasila. Hal ini merupakan makna Pancasila sebagai …
a. Ideologi Nasional
b. Identitas Nasional
c. Dasar Negara
d. Tujuan Nasional
e. Konsensus Nasional

5. Makna Pancasila sebagai dasar Negara telah bergeser pada masa pemerintahan Orde Baru, yakni …
a. sebagai legitimasi kekuasaan
b. sebagai lambang persatuan
c. sebagai slogan bermasyarakat
d. sebagai syarat bernegara
e. sebagai perhiasan hidup

6. Pengakuan yang tulus dari para pendiri negara tentang kemerdekaan yang telah Indonesia peroleh tidak semata-mata hasil perjuangan bangsa Indonesia sendiri. Hal ini tercermin dalam Pembukaan UUD 1945 yakni …
a. pada alinea pertama
b. pada alinea kedua
c. pada alinea ketiga
d. pada alinea keempat
e. pada alinea pertama dan kedua

7. UU No. 20 / 2003 mewajibkan Pendidikan Kewarganegaraan diberikan …
a. di jenjang pendidikan dasar
b. di jenjang pendidikan menengah umum
c. di jenjang pendidikan dasar dan menengah
d. di semua jenjang pendidikan
e. di jenjang pendidikan tinggi

8. Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi adalah …
a. memehami Pancasila secara menyeluruh
b. menjadikan warga negara yang peduli terhadap politik
c. menjadikan warga negara yang baik dan mampu mendukung negara
d. menjadikan warga negara yang demokratis
e. menjadikan warga negara yang cerdas dan dinamis

9. Tidak memaksakan kehendak, tidak egois, dan cinta kebersamaan merupakan nilai-nilai Pancasila terutama sila …
a. kesatu
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima

10. Hubungan nilai dengan norma adalah …
a. nilai bersumber pada norma
b. nilai dijabarkan dalam norma
c. nilai tidak membutuhkan norma
d. nilai itu abstrak dan normatif
e. nilai sama saja artinya dengan norma

11. Implementasi Pancasila sebagai dasar negara mengandung makna …
a. Pancasila sebagai jati diri dan kepribadian bangsa Indonesia
b. Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai soaial budaya Indonesia
c. Pancasila merupakan cita-cita dan tujuan yang hendak dicapai
d. Pancasila dijadikan norma dasar dalam pembentukan tertib hukum
e. Pancasila terlahir dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia

12. Pancasila merupakan suatu kesatuan yang majemuk tunggal, konsekuensinya adalah …
a. setiap sila merupakan unsur atau bagian yang mutlak dari Pancasila
b. Pancasila dijadikan dasar untuk membedakan yang benar dan yang salah
c. sila pertama Pancasila dijadikan sumber sila-sila lainnya
d. setiap sila Pancasila memiliki makna dan fungsi masing-masing
e. setiap sila Pancasila tidak dapat berdiri sendiri dan tidak saling bertentangan

13. Secara filosofis demokrasi Indonesia adalah….
a. Demokrasi perwakilan yang sesuai dengan budaya bangsa Indonesia
b. Demokrasi yang bersumber dari UUD 45
c. Demokrasi yang mengambil keseimbangan antara budaya barat dan timur
d. Demokrasi yang dikembangkan berdasarkan atas kerakyatan
e. Demokrasi yang diangkat dari nilai-nilai Pancasila

14. Berikut ini merupakan latar belakang Negara-negara modern sekarang ini mempraktekkan demokrasi tak langsung, kecuali….
a. Semakin rumitnya permasalahan
b. Luasnya wilayah Negara
c. Banyaknya permasalahan harus diselesaikan
d. Pengaruh perkembangan politik dunia
e. Bertambahnya penduduk Negara

15. Mengacu kepada pendapat Abraham Lincholm tentang demokrasi, maka esensi demokrasi terletak pada….
a. Partisipasi rakyat dalam pemerintahan
b. Jumlah penduduk yang besar
c. Penghargaan terhadap perbedaan pendapat
d. Banyaknya partai politik yang ikut pemilu
e. Keberpihakan Negara kepada rakyat

16. Perbedaan kebutuhan kualifikasi dan kompetensi SDM antara zaman revolusi fisik dengan era pembangunan sekarang ini terletak pada tataran….
a. Nilai dasarnya
b. Nilai instrumennya
c. Nilai praksisnya
d. Nilai dasar dan instrumennya
e. Nilai vitalnya

17. Bila seorang anak dilahirkan dari keturunan bangsa A (ius soli ), kemudian lahir di Negara B (ius sanguinis), maka anak tersebut akan menjadi …
a. apatride d. stelsel aktif
b. bipatride e. stelsel pasif
c. naturalisasi

18. Kewarganegaraan dalam arti sosiologis adalah …
a. adanya ikatan hukum antara warga negara dengan negara
b. adanya ikatan emosional antara warga negara dengan negara
c. menunjuk pada tempat, berada pada hukum publik
d. menunjuk pada akibat hukum dari statusnya
e. menunjuk pada partisipasi warga negara

19. Ketahanan nasional akan menyangkut hubungan antar aspek yang mendukung kehidupan, diantaranya aspek sosial meliputi …
a. geografi, kependudukan, dan sumber kekayaan alam
b. idiologi dan politik
c. idiologi, politik, sosial budaya dan hankam
d. geografi, kependudukan dan sosial budaya
e. idiologi, kependudukan dan hankam

20. Hubungan antara wawasan nusantara dengan ketahanan nasional dapat digambarkan sebagai berikut …
a. ketahanan nasional pada dasarnya merupakan prasayarat untuk pen –
capaian tujuan wawasan nusantara
b. tanpa ketahanan nasional, wawasan nusantara sebenarnya tidak meli-
ki arti strategis
c. ketahanan nasional merupakan prestasi yang berhasil dicapai untuk
kelangsungan hidup bangsa
d. pencapaian tujuan wawasan nusantara akan menentukan kokohnya
ketahanan nasional
e. keberhasilan konsep wawasan nusantara sekali gus merupakan
keberasilan konsep ketahanan nasional

21. Nagara-negara yang mendasarkan dirinya asas demokrasi konstitusional,
UUD mempunyai fungsi yang khas yaitu….
a. Membatasi partisipasi rakyat dalam pemerintahan
b. Mengatur mekanisme kerja lambaga kekuasaan
c. Memberi landasan yang kuat pada penguasa
d. Memberi jaminan hukum pemerintah
e. Membatasi kekuasaan pemerintah

22.Berdasarkan peta wilayah Indonesia menurut Ordonansi 1939 maka wilayah laut territorial kita adalah sejauh …
a. 13 mil d. 200 mil
b. 3 mil e. 22 mil
c. 12 mil

23. Hakikat wawasan nusantara adalah …
a. cara pandang bangsa Indonesia
b. mewujudkan kesatuan politik dan ekonomi
c. nusantara sebagai kesatuan
d. persatuan bangsa dan kesatuan wilayah
e. sikap waspada terhadap berbagai ancaman

24. Perlunya pengembangan konsepsi dan aplikasi ketahanan nasional dilatar belakangi oleh …
a. kebutuhan akan pertahanan dan keamanan yang tangguh
b. kondisi Indonesia yang sangat luas
c. kemajemukan masyarakat Indonesia
d. semakin kompleknya ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan
e. perlunya kerjasama dengan negara lain

25. Hak – hak Asasi Manusia pada awal sejarahnya meliputi …
a. hak hidup, hak milik dan hak kebebasan
b. hak hidup, hak ekonomi dan hak politik
c. hak memiliki sesuatu, hak hidup layak dan hak kemerdekaan
d. hak bebas dari rasa takut, hak berkeyakinan dan hak berpendapat
e. hak untuk melanjutkan keturunan, hak mendapatkan keadilan

26. Negara Indonesia termasuk negara hukum …
a. hukum formal
b. hukum material
c. hukum dalam arti sempit
d. di mana negara hanya pasif
e. hukum klasik

27. Istilah lain dari geopolitik Indonesia adalah …
a. negara hukum
b. wawasan nusantara
c. negara kepulauan
d. ketahanan nasional
e. kedaulatan rakyat

28. Nilai-nilai dasar Pancasila sudah ada sejak …
a. penjajahan Belanda
b. tanggal 1 Juni 1945
c. pidato Mr. Moh Yamin
d. jaman nenek moyang kita
e. berdirinya BPUPKI

29. Penegasan kembali Pancasila sebagai dasar negara NKRI yang harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan bernegara. Hal ini merupakan kesepakatan kedua dengan dikeluarkannya …
a. Tap MPR No. XVIII / MPR / 1998
b. Tap MPR No. XVII / MPR / 1998
c. Tap MPR No. II / MPR / 1978
d. Tap MPR No. XIII / MPR / 1998
e. Tap MPR No. XVI / MPR / 1998

30. Suatu penghargaan atau suatu kualitas terhadap suatu hal yang dapat menjadi dasar tingkah laku manusia disebut …
a. nilai d. hukum
b. norma e. politik
c. moral

31. Nilai tentang benar salah disebut …
a. nilai etika
b. nilai estetika
c. nilai logika
d. nilai istrumental
e. nilai vital

32. Landasan hukum Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi adalah SK Dirjen Dikti …
a. No. 267/Dikti/Kep/2000
b. No. 38 / Dikti/Kep/2002
c. No. 43 / Dikti/Kep/2006
d. No. 43 / Dikti/Kep/2005
e. No. 34 / Dikti/Kep/2006

33. Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi sebelumnya bernama …
a. Pendidikan Bela Negara
b. Pendidikan Kewiraan
c. Pendidikan Pancasila
d. Pendidikan Moral Pancasila
e. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

34. Di bawah ini merupakan kompetensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi yang hendak dituju, kecuali …
a. menjadi warga negara yang memiliki wawasan berbangsa dan bernegara
b. menjadi warga negara yang berani dan mampu mempengaruhi kebijak –
an pemerintah atau kebijakan publik
c. berpartisipasi dalam upaya menghentikan budaya kekerasan secara
damai
d. memiliki pengertian internasional tentang civil society dan kosmopolit
e. berpartisipasi dalam menyelesaikan konflik dalam masyarakat

35. Di bawah merupakan ciri-ciri nilai, kecuali …
a. suatu realitas abstrak
b. bersifat normatif
c. motivator dalam bertindak
d. suatu yang abstrak
e. berlaku relatif

36. Salah satu bentuk pengamalan Pancasila terutama sila ke-3 adalah …
a. mengembangkan toleransi
b. tidak egois
c. cinta kekeluargaan
d. tenggang rasa
e. tidak menonjolkan suku bangsa

37. Norma dimana negara berkuasa memberikan sanksi atau menjatuhkan hukuman disebut …
a. norma hukum
b. norma agama
c. norma moral
d. norma kesopanan
e. norma adat

38. Implementasi Pancasila sebagai dasar negara adalah …
a. perwujudan jati diri bangsa
b. pembentukan sistem hukum nasional
c. pencerminan nilai-nilai budaya bangsa
d. pembentukan karakter bangsa
e. kesadaran hidup berbangsa dan bernegara

39. Pengertian kewarganegaraan menunjuk pada akibat hukum dari status kewarganegaraan. Pengertian ini disebut dalam arti …
a. material d. yuridis
b. formil e. terminologis
c. sosiologis

40. Pasal 26 UUD 1945 berisi tentang …
a. ketentuan warga negara
b. persamaan hukum dan pemerintahan
c. kemerdekaan menyampaikan pendapat
d. hak dan kewajiban dalam pembelaan negara
e. hak mendapatkan penghidupan yang layak

41. Ketentuan yang menyatakan bahwa untuk menjadi warga negara suatu negara seseorang tanpa dituntut untuk melakukan perbuatan atau persyaratan tertentu disebut …
a. bipatride d. stelsel pasif
b. naturalisasi e. stelsel aktif
c. apatride

42. Wujud hubungan warga negara dengan negara umumnya berupa peranan, di antaranya meminta pelayanan dari negara untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini disebut …
a. peranan pasif
b. peranan aktif
c. peranan positif
d. peranan negatif
e. hubungan hak dan kewajiban

43. Pasal 1 ayat 3 UUD 1945 menegaskan bahwa negara Indonesia adalah …
a. negara kesatuan
b. negara kepulauan
c. negara hukum
d. negara kekuasaan
e. negara demokrasi

44. Di bawah ini merupakan ciri negara hukum formal, kecuali …
a. negara hanya sebagai ‘penjaga malam’
b. tidak turut campur tangan dalam urusan warga negara
c. peranan negara lebih kecil dari pada peranan rakyat
d. hanya sebagai wasit dan pelaksana keinginan rakyat
e. keleluasaan campur tangan dalam kesejahteraan rakyat

45. Yang bukan landasan yuridis negara hukum Indonesia adalah …
a. Penjelasan UUD 1945 sebelum amandemen
b. Pembukaan UUD 1945 alinea keempat
c. Pokok-pokok pikiran dalam Pembukaan UUD 1945
d. Pasal 33 dan 34 UUD 1945
e. Pasal 27 ayat 2 UUD 1945

46. Yang termasuk syarat berdirinya negara secara konstitutif adalah …
a. rakyat, pemerintahan, dan pengakuan dari negara lain
b. rakyat, pemerintahan, dan wilayah
c. pengakuan dari negara lain
d. rakyat, pemerintahan, wilayah, dan pengakuan negara lain
e. rakyat, wilayah, dan pengakuan dari negara lain

47. Faktor-faktor penting bagi pembentukan bangsa Indonesia, sebagai berikut kecuali …
a. adanya persamaan nasib
b. adanya keinginan yang sama untuk merdeka
c. adanya cita-cita yang sama
d. adanya kesatuan tempat tinggal
e. adanya kesatuan kebudayaan

48. Yang bukan bentuk identitas nasional Indonesia adalah …
a. bahasa Indonesia
b. bendera merah putih
c. keanekaragaman budaya
d. semboyan bhinneka tunggal ika
e. konsepsi wawasan nusantara

49. Terjadinya negara Indonesia melalui proses …
a. occupatie
b. revolusi
c. fusi
d. pendudukan
e. penyerahan/pemberian

50. Pengakuan yang tulus dari para pendiri negara tentang kemerdekaan yang telah Indonesia peroleh tidak semata-mata hasil perjuangan bangsa Indonesia sendiri. Hal ini tercermin dalam Pembukaan UUD 1945 yakni …
a. pada alinea pertama
b. pada alinea kedua
c. pada alinea ketiga
d. pada alinea keempat
e. pada alinea pertama dan kedua

51. Hubungan negara hukum dengan demokrasi adalah …
a. negara hukum pada dasarnya negara demokrasi
b. negara demokrasi hanyalah salah satu ciri negara hukum
c. negara hukum dan negara demokrasi saling membutuhkan
d. negara demokrasi pada dasarnya negara hukum
e. negara hukum sudah tentu negara demokrasi

52. Implementasi Pancasila sebagai dasar negara mengandung makna …
a. Pancasila sebagai jati diri dan kepribadian bangsa Indonesia
b. Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai soaial budaya Indonesia
c. Pancasila merupakan cita-cita dan tujuan yang hendak dicapai
d. Pancasila dijadikan norma dasar dalam pembentukan tertib hukum
e. Pancasila terlahir dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia

53. Wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam. Pengertian ini menurut …
a. Lemhanas th 1999
b. GBHN th 1998
c. Wan Usman
d. pengertian secara sederhana
e. pengertian secara etimologis

54. Secara yuridis formal Pancasila sebagai dasar negara tertuang dalam …
a. Pembukaan UUD 1945 alinea ke 4
b. Tap MPR No. XVIII/MPR/1998
c. Penjelasan UUD 1945
d. Dekrit Presiden 5 Juli 1959
e. Visi Indonesia 2020

55. Tujuan ke dalam Wawasan Nusantara adalah …
a. menjamin persatuan dan kesatuan segenap aspek kehidupan nasional
b. menjamin terselenggaranya pemerintahan yang bersih dan berwibawa
c. mengembangkan kerja sama dan saling menghormati
d. menjamin persatuan dan kesatuan dalam bidang hankam
e. mewujudkan persatuan dan kesatuan sosial budaya

56. Di bawah ini merupakan manfaat Wawasan Nasional, kecuali …
a. menjadi salah satu sarana integrasi nasional
b. memperkuat kondisi yang memungkinkan upaya memperluas wilayah
c. menghasilkan cara pandang tentang keutuhan wilayah nusantara
d. bertambah luasnya wilayah teritorial Indonesia
e. memberikan potensi sumber daya yang besar bagi kesejateraan rakyat

57. Melalui pendidikan kewarganegaraan mahasiswa diarahkan untuk …
a. memiliki jiwa nasionalisme yang chauvinisme
b. berjiwa toleran dan cinta perdamaian
c. menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan
d. menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di era global
e. bersifat profesional disertai kesadaran bela negara

58. Latar belakang yang mendorong kemerdekaan bangsa Indonesia adalah …
a. adanya perbedaan ras dan golongan
b. sikap tidak suka terhadap bangsa barat
c. penderitaan sebagai bangsa terjajah
d. bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaannya
e. membela keadilan dan kebenaran

59. Di bawah ini merupakan contoh perwujudan kecintaan kepada tanah air, kecuali …
a. melaksanakan tugas negara di daerah terpencil
b. selalu tinggal di tanah air sebagai sumber penghidupan
c. menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
d. membanggakan karya bangsa sendiri
e. tidak menebang hutan sembarangan

60. Paham kebangsaan Indonesia adalah kebangsaan yang tidak chauvinistik, artinya …
a. paham nasionalisme luas
b. paham nasionalisme sempit
c. bangga terhadap hasil karya bangsanya
d. bangga terhadap keunggulan bangsanya
e. tidak menjajah bangsa lain karena bertentangan dengan hak asasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: